Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 20 Januari 2013

Review: Chelsea Tekuk Arsenal di Stamford Bridge

Juan Mata mencetak gol pembuka Chelsea @ Bola
Al-Amin Sport - Chelsea menundukkan Arsenal 2-1 di Stamford Bridge pada pekan ke-23 Premier League 2012/13. The Blues sukses memperbaiki rekor kandangnya, sedangkan The Gunners gagal mendekatkan diri ke empat besar.

Chelsea meraih kemenangan kedua dalam delapan pertandingan kandang terakhirnya di ajang liga, Minggu (20/1), melalui gol Juan Matadan eksekusi penalti Frank Lampard sebelum jeda. Arsenal hanya sanggup membalas satu lewat Theo Walcott di paruh kedua.

Chelsea pun makin mantap menduduki peringkat tiga klasemen sementara dengan selisih enam angka (51-45) dari Manchester City, sedangkan Arsenal tertahan di tangga keenam dengan poin 34.

Untuk big match ini, manajer interim Chelsea Rafael Benitez memilih Fernando Torres daripada Demba Ba untuk turun sebagai starter. Di kubu Arsenal yang minus Lukas Podolski dan Alex Chamberlain, manajer Arsene Wenger memasang Walcott melebar, sedangkan Olivier Giroud, yang jarang jadi starter di liga, dipercaya untuk bermain sejak menit awal.

Demi memperbaiki rekor kandangnya yang buruk, menang hanya sekali dalam tujuh pertandingan terakhir, Chelsea pun langsung menggebrak di bawah guyuran salju dan unggul cepat pada menit keenam.

Berawal dari operan panjang menyilang Cesar Azpilicueta di sektor kanan, bola mendarat di kaki Mata. Bintang Spanyol itu lalu mengontrol bola dan melepaskan sebuah tendangan keras yang tak bisa dibendung oleh Szczesny. Arsenal lumayan meradang akibat gol tersebut. Pasalnya, mereka menilai adanya pelanggaran terlebih dahulu terhadap Coquelin, namun wasit Martin Atkinson mengizinkan The Blues meneruskan permainan.

Sepuluh menit berselang, keunggulan Chelsea berlipat setelah Szczesny menjatuhkan Ramires di kotak terlarang. Kartu kuning untuk sang kiper dan penalti kedelapan musim ini untuk Chelsea. Lampard yang bertindak sebagai algojo sukses melaksanakan tugasnya.

Arsenal, yang memiliki rasio penguasaan bola terbaik dalam partai away(59,8%), justru berada di bawah kendali total Chelsea dan tertinggal 0-2 hingga jeda.

Wenger mungkin memberi 'terapi' khusus pada para pemainnya di ruang ganti. Terbukti, 13 menit babak kedua berjalan, The Gunners menipiskan selisih skor jadi 1-2 setelah Walcott menuntaskan operan akurat Santi Cazorla dengan sebuah finishing tenang yang bersarang di gawang tuan rumah.

Setelah itu, kedua tim silih berganti melakukan serangan. Tekanan Arsenal, khususnya dengan umpan-umpan silang bahkan lebih gencar dibandingkan babak pertama. Namun, meski Chelsea maupun Arsenal melakukan sejumlah perubahan, termasuk mengganti Torres yang hanya menghasilkan satu shot on goal dengan Demba Ba serta Arshavin dan Marin untuk Diaby dan Hazard, skor 2-1 untuk kemenangan The Bluesbertahan hingga peluit panjang.

Susunan pemain Chelsea: Cech; Azpilicueta, Ivanovic, Cahill, Cole (kuning 87'); Ramires, Lampard; Oscar (Bertrand 72'), Mata (kuning 66'), Hazard (Marin 88'); Torres (Ba 81').
Cadangan: Turnbull, Ferreira, Terry, Bertrand, Ake, Marin, Ba.

Susunan pemain Arsenal: Szczesny (kuning 16'); Sagna, Mertesacker, Vermaelen, Gibbs; Coquelin (Ramsey 59'), Wilshere, Diaby (Arshavin 75'); Walcott, Giroud, Cazorla.
Cadangan: Mannone, Koscielny, Jenkinson, Santos, Frimpong, Ramsey, Arshavin.

Statistik Chelsea - Arsenal
Shots: 14 - 12
Shots on goal: 7 - 6
Penguasaan bola: 50% - 50%
Pelanggaran: 10 - 11
Corner: 3 - 9
Offside: 5 - 5
Kartu kuning: 2 - 1
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 5 - 5. (Bola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar