Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 19 Februari 2013

Review: Bayern Tempatkan Arsenal Dalam Bahaya

Selebrasi Toni Kroos @ AFP
Al-Amin Sport -  Arsenal takluk 1-3 saat menjamu Bayern Munich di babak 16 besar Liga Champions 2012/13 leg pertama. Bayern membawa pulang keunggulan agregat sementara dua gol dan boleh optimistis menatap perempat final. Sementara itu, pasukan Arsene Wenger berada dalam bahaya besar.

Bayern unggul cepat di Emirates Stadium lewat Toni Kroos, Rabu (20/2), dan Thomas Muller menggandakannya sebelum jeda. Lukas Podolskimenipiskan selisih skor di awal babak kedua, tapi gol penyelesaian Mario Mandzukic sukses mengakhiri perlawanan tuan rumah.

Setengah jam laga berjalan, Arsenal, yang menempatkan Walcott sendirian di depan dengan didukung Ramsey, Cazorla dan Podolski, sertaJack Wilshere dan Arteta sebagai penyeimbang di tengah, tak sekali pun melepaskan tembakan ke gawang Bayern. Sedangkan Bayern sudah membukukan 6 shot, dan 3 di antaranya on target.

Bayern bahkan memaksimalnya jadi dua gol, yakni lewat tendangan setengah voli Kroos meneruskan umpan tarik Muller pada menit ke-7 serta finishing jarak dekat Muller di menit 21 memanfaatkan kemelut yang tercipta setelah corner.

Memakai formasi yang sama (4-2-3-1), dengan Mandzukic sebagai striker tunggal di depan trio Muller, Kroos dan Ribery, serta Schweinsteiger dan Martinez sebagai jembatan sekaligus pelapis bagi lini belakang yang dihuni Lahm, Buyten, Dante dan Alaba, Bayern terus mendominasi Arsenal di semua lini.

Kuartet Vermaelen, Koscielny, Mertesacker dan Sagna benar-benar kewalahan melindungi gawang Szczesny dari gempuran Bayern. Meski begitu, mereka sukses mencegah Bayern mencetak gol ketiga hingga jeda.

Tertinggal dua gol, mau tak mau Arsenal pun harus lebih menyerang di babak kedua. Namun, itu menjadi dilema. Pasalnya, Bayern bisa memanfaatkan celah sekecil apa pun untuk membuat Gunners semakin terluka.

Sepuluh menit babak kedua berjalan, Arsenal berhasil menipiskan selisih skor jadi 1-2 lewat Podolski, yang tanpa kawalan berarti menyambutcorner Wilshere untuk menjebol gawang mantan klubnya.

Henyckes lalu memasukkan Robben untuk menggantikan Ribery, sedangkan Wenger menarik keluar Podoslki dan Ramsey untuk memberi tempat pada Rosicky dan Giroud. Giroud nyaris memberi efek instan, tapi tendangannya menyambut crossing Walcott masih mengarah tepat ke pelukan Neuer.

Fokus menyerang, lini pertahanan Arsenal kembali runtuh pada menit 77. Robben menguasai bola di depan kotak penalti Arsenal dan menyodorkan bola pada Lahm di sisi kanan, yang kemudian mengirim umpan silang ke depan gawang dan disambar oleh Mandzukic. Bola melambung secara aneh dan masuk untuk gol ketiga Bayern.

Keunggulan dua gol Bayern kembali dan bertahan hingga wasit Svein Oddvar Moen asal Norwegia meniup peluit panjang. Bayern pun menorehkan kemenangan pertama di Inggris sejak 2001 sekaligus menempatkan The Gunners dalam situasi yang sangat sulit.

Hasil yang sangat positif bagi kubu Bayern. Meski ini kandang Arsenal, Bayern sejatinya lebih diunggulkan. Selain mendominasi Bundesliga, pasukan Jupp Henyckes juga lolos dari fase grup dengan performa meyakinkan. Arsenal justru sebaliknya. Setelah maju ke fase knockouthanya sebagai runner-up di bawah Schalke, tersingkir dari Piala FA dan Capital One Cup, serta tercecer di peringkat lima Premier League, Liga Champions bisa dibilang sebagai satu-satunya peluang mereka untuk meraih trofi musim ini.

Bayern memiliki pertahanan yang lebih kuat dan serangan yang lebih mematikan dibanding Arsenal. Keunggulan 15 poin bersih di puncak Bundesliga dan status sebagai tim yang paling sedikit menelan shot on target (17) di fase grup adalah buktinya.

Bayern bahkan dianggap banyak orang sebagai favorit kedua setelah Barcelona untuk menjuarai turnamen ini. Wenger paham hal tersebut, tapi sebelum laga dia sempat menegaskan bahwa Arsenal memiliki kualitas dan mental yang dibutuhkan untuk mengatasi Bayern. Namun, kenyataan di lapangan berkata lain. Arsenal tak berdaya dan Bayern lah yang selangkah lebih dekat ke perempat final.

Kegagalan di final musim lalu sepertinya menjadi motivasi tersendiri bagi Bayern. Sang raksasa Bavaria pun memiliki modal berharga untuk melakoni leg kedua, sedangkan Arsenal bakal butuh keajaiban saat ganti bertandang ke Allianz Arena 14 Maret mendatang.

Susunan pemain Arsenal: Szczesny; Sagna (kuning 22'), Mertesacker, Koscielny, Vermaelen (kuning 15'); Arteta (kuning 24'), Ramsey (kuning 67') (Rosicky 71'); Cazorla, Wilshere, Podolski (kuning 66') (Giroud 71'); Walcott.
Cadangan: Mannone, Diaby, Rosicky, Giroud, Ox-Chamberlain, Coquelin, Jenkinson.

Susunan pemain Bayern: Neuer; Lahm (kuning 89'), Van Buyten, Dante, Alaba; Schweinsteiger (kuning 36'), Martinez, Kroos (Luiz Gustavo 73'), Muller (kuning 58'), Ribery (Robben 63'); Mandzukic (Gomez 81').
Cadangan: Starke, Robben, Shaqiri, Rafinha, Luiz Gustavo, Gomez, Tymoshchuk. (bola/bhr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar