Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 13 Februari 2013

Review: Madrid Ditahan United

Danny Welbeck mencetak gol pembuka @ AFP
Al-Amin Sport -  Real Madrid dan Manchester United bermain imbang 1-1 di leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2012/13. Gol Los Merengues dicetak oleh Cristiano RonaldoDavid de Gea tampil brilian untuk United.

Menjamu United di Santiago Bernabeu, Kamis (14/2), Madrid kebobolan terlebih dahulu oleh Danny Welbeck. Ronaldo menyamakan kedudukan untuk tuan rumah sebelum jeda babak pertama. Madrid mendominasi, tapi gagal meraih kemenangan.

Bentrokan dua raksasa Eropa pengoleksi 12 trofi di kompetisi ini berlangsung sengit. Madrid turun dengan rekor 33 laga kandang tak terkalahkan, sedangkan United mengusung streak 14 pertandingan tanpa kekalahan.

Bermain di kandang sendiri, Madrid justru tertinggal terlebih dahulu pada menit 20 setelah Welbeck lepas dari kawalan Sergio Ramos untuk menyundul masuk tendangan sudut Wayne Rooney. Namun, keunggulan itu hanya bertahan 10 menit.

Ronaldo, eks pemain United yang dianggap sebagai pemain paling berbahaya di kubu Los Blancos dan masih segar dengan hat-trick ke gawang Sevilla, mengelabui Patrice Evra serta membalas gol Welbeck juga dengan sundulan meneruskan crossing sempurna Angel Di Maria dari sektor kiri.

Madrid menebar lebih banyak ancaman. Fabio Coentrao punya satu peluang, sedangkan Ronaldo berulang kali melepas tembakan. Satu klaim penalti Di Maria akibat body contact dengan Phil Jones dinilai wasit bukan sebuah pelanggaran. Skor 1-1 pun tak berubah hingga jeda.

Babak kedua diwarnai sejumlah pergantian dari kedua kubu. Jose Mourinho menarik Karim Benzema, Di Maria dan Xabi Alonso, lalu memasukkan Gonzalo Higuain, Luka Modric, serta Pepe. Sedangkan SirAlex Ferguson mengganti Shinji Kagawa, Welbeck, dan Rooney dengan Ryan Giggs, Antonio Valencia, serta Anderson.

United berpeluang unggul lewat setidaknya dua peluang Robin van Persie, tapi tak ada yang bersarang di gawang Diego Lopez. Van Persie, yang ketiga golnya di Liga Champions musim ini semua tercipta dalam laga tandang, gagal meneruskan trennya.

Ronaldo adalah pemain paling rajin melepas shot di laga ini. Namun, dari 10 (2 on target), hanya satu yang membuahkan gol. Hingga wasit Felix Brych meniup peluit panjang, tak ada gol lagi yang tercipta.

United pantas berterima kasih kepada De Gea. Kembali ke kota kelahirannya, kiper United itu bermain gemilang dan mementahkan delapan peluang gol Madrid.

Madrid dan United sama-sama meneruskan streak tak terkalahkan mereka, sementara rekor pertemuan Mourinho kontra Ferguson pun menjadi 2 kali menang untuk sang arsitek Red Devils, 7 kali imbang, dan 6 kali menang untuk The Special One.

Peluang Madrid maupun United untuk lolos ke perempat final masih terbuka. Penentuannya adalah pada leg kedua di Old Trafford 6 Maret mendatang.

Susunan pemain Madrid: Lopez; Arbeloa, Ramos, Varane, Coentrao; Khedira, Alonso (Pepe 84'); Di Maria (Modric 75'), Ozil, Ronaldo; Benzema (Higuain 60').

Susunan pemain United: De Gea; Rafael (kuning 40'), Ferdinand, Evans, Evra; Carrick, Jones, Kagawa (Giggs 64'), Welbeck (Valencia 73' - kuning 88'); Rooney (Anderson 84'), Van Persie (kuning 5'). (bola/bhr)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar