Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 03 Februari 2013

Review: Barca Tertahan di Mestalla

Messi kesulitan menembus pertahanan Valencia @ Bola
Al-Amin Sport -  Barcelona ditahan tuan rumah Valencia 1-1 di jornada 22 La Liga 2012/13. Barca pun hanya sanggup membawa pulang satu poin dari Mestalla.

Ever Banega sempat membawa Valencia memimpin, Senin (04/2), tetapi penalti Lionel Messi memaksa kedudukan jadi imbang dan tak berubah sampai peluit panjang.

Barcelona masih kukuh di puncak klasemen sementara dengan 59 poin serta unggul jauh atas Atletico Madrid (48), Real Madrid (43) dan Malaga (36), sedangkan Valencia naik ke peringkat enam menggeser Rayo Vallecano.

Barcelona mendominasi jalannya babak pertama, tapi Valencia lah yang berhasil memecah kebuntuan pada menit 33. Roberto Soldado melepascrossing dari sektor kanan, tapi Gerard Pique menghalaunya dengan sundulan. Bola kemudian jatuh pada Banega di dalam area , dan gelandang nomor 10 Valencia itu menendang rendah tanpa bisa dihentikan oleh Valdes di bawah mistar Barca.

Keunggulan Valencia hanya bertahan enam menit. Kali ini, giliran Messi, nomor 10 Barca, yang mencetak gol dari titik putih menyusul pelanggaran Joao Pereira terhadap Pedro di area terlarang. Dengan gol itu, berarti Messi memperpanjang rekornya dengan mencetak gol dalam 12 partai La Liga secara berturut-turut.

Di babak kedua, Barca tetap mendominasi, tapi laga berjalan lebih alot. Masuknya Sergio Canales dan Jonas untuk menggantikan Banega dan Andres Guardado di kubu Valencia serta David Villa untuk Cesc Fabregas di kubu Barca memang sama-sama meningkatkan daya dobrak kedua tim. Namun, setelah tercipta sejumlah peluang dan beberapa kali jual beli serangan, skor 1-1 di babak pertama tidaklah berubah sampai wasit mengakhiri pertandingan.

Valencia, yang terakhir kali menang di kandang atas Barca adalah 3-2 pada 2008 silam, pantas menyesali hasil ini. Pasalnya, meski kalah penguasaan bola, Los Che unggul jumlah tembakan 17 berbanding 10 dengan shot on target 5 berbanding 2.

Menurut statistik Opta yang dirangkum WhoScored, bek Valencia Adil Rami merupakan pemain terbaik di laga ini dengan rating 7,8, disusulJordi Alba (7,6), Pedro (7,5), Messi (7,5), dan Victor Valdes (7,3).

Susunan pemain Valencia: Guaita; Joao, Rami, Ricardo Costa, Cissokho (kuning 40'); V Ruiz, Tino Costa; Bernat (Piatti 70'), Banega (Canales 64'), Guardado (kuning 75') (Jonas 86'); Soldado (kuning 47').

Susunan pemain Barcelona: Valdes; Dani Alves, Pique, Mascherano (kuning 23') (Puyol 55'), Jordi Alba; Fabregas (Villa 72'), Busquets, Xavi (Thiago 90'); Iniesta, Messi, Pedro.

Statistik Valencia- Barcelona
Shots: 17 - 10
Shots on goal: 5 - 2
Penguasaan bola: 34% - 66%
Pelanggaran: 20 - 13
Corner: 6 - 5
Offside: 1 - 1
Kartu kuning: 3 - 1
Kartu merah: 0 - 0. (bhr/bola)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar